5 Makanan Bali Iconic yang yang Harus Kamu Coba



Mungkin ada yang bertanya – tanya, “kok kuliner di solo, bahasnya kuliner kota lain ?” nah memang Kali ini Kuliner di solo akan “sedikit” mengulas tentang makanan nusantara nih. Untuk informasi renyah mengenai kuliner di tempat lain di indonesia.

Siapa sih yang tidak kenal dengan pulau dewata Bali ? pulau dengan berjuta Wisata Indah tersebar. Mulai dari Wisata Budaya, Wisata Alam, Sejarah hingga Wisata Malam yang glamour. Selain tempat wisata yang benar – benar kece abis, kuliner Bali juga menggugah selera. Banyak sekali makanan di Bali yang bisa membuat lidahmu bergoyang.


Buat kalian yang mungkin tengah liburan di Bali atau masih planining mau liburan ke sana dan bingung ingin kulineran yang murah dan enak, jangan khawatir.

Karena Kuliner di solo akan kasih bocoran tempat makan enak dan murah yang ada di Bali. Yuk, langsung disimak saja daftarnya.

1. Ayam Betutu 


Liburan ke Bali kalau belum mencoba ayam betutu kayaknya kurang afdol.  Apa sih ayam betutu itu ??

Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali
Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuka. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. 
Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tetapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan atau restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama.


Nah, tempat yang menyediakan ayam betutu terkenal adalah Warung Nyoman, yang terkenal dengan kelezatan  olahan ayam betutunya. Jadi jangan heran kalau tempat ini selalu ramai dikunjungi. 

Oh ya, di sini enggak hanya menjual ayam betutu saja. Kamu bisa mencoba menu lain seperti sate lilit ikan, sate lilit ayam, nasi campur ayam, nasi kuning Bali, dan lain-lain. Warung Nyoman buka dari pukul 08.00—22.00. untuk tempat, silahkan search di google Maps ya.

2. Ayam Bakar Bumbu Kuning


Ayam bakar bumbu kuning sebenarnya mirip dengan ayam bakar pada umumnya. Yang membedakan adalah warna ayamnya yang jadi kuning. Tentu saja warna kuning ini bukan dari bahan yang berbahaya ya bun melainkan dari warna kunyit. Bila bosan dengan ayam bakar biasa, boleh coba nih ayam bakar bumbu kuningnya.


Nah untuk Tempat makan murah dan enak yang menyediakan ayam bumbu kuning adalah Warung Ayam Bakar Bumbu Kuning Cak Iwan. Menu andalan di sini adalah ayam goreng kremes bumbu kuningnya. Hmm..bumbu kuning yang dibalutkan ke ayam benar-benar meresap sap sap… ciamik deh rasanya! Kalau kamu bosan makan ayam terus, di sini juga tersedia menu lain seperti pesmol gurame dan pesmol lele. Warung ini buka dari pukul 10.00—00.00.

3. Ayam Presto

Satu lagi olahan ayam yang rasanya di atas rata-rata. Dagingnya tuh lembut bahkan sampe ke tulang-tulang. Lalu ukuran ayamnya juga besar, sambelnya nagih dan bisa ambil sendiri sepuasnya, dan tempatnya pun nyaman dengan gaya lesehan. Warung ini buka dari pukul 17.00—00.00. Nah, kalau ke sini pas malam minggu harus hati-hati ya, karena tempat ini benar-benar rame banget dan kamu bisa waiting list sampai sejam!

4. Gurame Santan Kemangi

Setelah puas menikmati olahan ayam, sekarang saatnya mencoba aneka olahan hidangan laut. Nah Ikan gurame sudah terkenal banget dengan Kelezatannya. Di bali, terdapat olahan gurame yang tak biasa. Yaitu gurame santan kemangi. 


Dan salah satu tempat yang recommended adalah Warung Mina. Warung ini menyediakan variasi jenis ikan mulai dari gurame, nila, lele, dan lain-lain. Menu yang wajib banget kamu coba kalau berkunjung ke sini adalah gurame santan kemangi. Warung ini buka seiap hari dari pukul 10.00—22.00.

5. Mie Kober 


Yuhu..waktunya adu nyali dengan kuliner pedas di Kober Mie Setan. Di sini untuk satu mangkuk mie setan, cabe minimal yang bisa dipesan ada 5 cabe. Nah lho, kuat enggak tuh Kawan Muda? Dua menu yang populer di tempat ini adalah mie iblis dan mie setan—oke, namanya menunjukkan betapa seramnya rasa mie tersebut, hehe. Pokoknya buat kamu pecinta pedas, Kober Mie Setan benar-benar enggak boleh kamu lewatkan.



Comments

Popular Posts