ICIP MAKANAN INI JIKA BERKUNJUNG KE 5 KOTA TEREKSIS DI INDONESIA


Indonesia memang tak pernah “mati” dengan berbagai pesonanya. Termasuk Kota –kotanya yang memiliki keunikan masing-masing. Ketika mengunjungi Kota tertentu di indonesia, biasanya yang akan dicari adalah makanan Khas dari kota tersebut. Mengantri untuk mendapatkan makanan khas kota tertentu pun tidak jadi masalah bagi wisatawan, asalkan ketika pulang ke daerah asal tak membawa tangan kosong. Nah berikut kota – kota di indonesia yang eksis dengan makanan khas nya.

Baca Juga : 6 Cafe di solo yang harus kamu coba

1.      SEMARANG DENGAN ROTI GANJEL REL

 


Bukannya semarang khasnya lumpia ? tidak banyak orang tahu bahwa roti yang hanya ada di kota semarang dan sangat khas sekali adalah roti ganjel rel. Lumpia di kota lain ada ? tentu ada.kalau roti ganjel rel di kota lain ? tentu tidak ada.  Nah roti ganjel rel ini sangat khas dan unik, Mendengar namanya mungkin terasa aneh. Hanya orang jawa saja yang tahu artinya. Roti ini terbuat dari tepung tapioka, santan, air nira, gula dan kayu manis sebagai penambah aroma sedap. Sebagai pemanis tampilan, roti ditaburi wijen. Roti Ganjel rel memiliki tekstur yang keras layaknya ganjalan (ganjel) landasan (rel) kereta api. Sehingga dinamakan roti ganjel rel. Roti ini memiliki Masanya sendiri untuk di produksi. Tidak setiap hari roti ini bisa di temukan. Hanya pada hari tertentu seperti acara pawai sebelum bulan puasa roti ganjel rel ini mudah ditemui. Pusat oleh – oleh di pandanaran masih bisa ditemui roti ganjel rel.

Baca Juga : Tempat Makan di solo dengan menu Western (Barat)
2.      BALIKPAPAN – KEPITING

Kota Balikpapan memang surganya Kepiting, terutama kepiting jenis soka atau biasa di sebut kepiting bakau. Nah untuk kepiting ini sungguh sangat banyak penjual yang menjajakannya. Aneka olahanya beragam. Ada kepiting goreng mentega, kepiting tauco, kepiting saus tiram dan yang paling favorit adalah kepiting saus lada hitam dan saus special. Kepiting soka memang memiliki daging yang jauh lebih banyak dibanding kepiting biasa. Penjual di Balikpapan kebanyakan telah membuat wadah yang trendi untuk branding. Sehingga kepiting ini menjadi oleh – oleh eksklusif untuk dibawa pulang. Wadah yang dirancang tidak membuat olahan kepiting cepat basi. Ketika ingin di hidangkan, cukup memanaskan beberapa menit dan siap di santap.
3.      MEDAN - DURIAN


Belum ke medan jika belum mencicipi durian (Medan). Nah kalimat ini seperti masuk dalam pikiran orang-orang yang planing pergi ke medan. Sungguh sebuah pesan yang tidak dirancang sebelumnya dan menjadi viral,  Kuat dan otentik medan. Medan telah menjadi tempat penikmat durian berkumpul. Tempat yang paling terkenal adalah durian Ucok. Tak terhitung pesohor negeri ini yang mampir untuk mencicipi durian bang ucok ini.




 tempat selalu ramai, tetapi durian tak pernah kehabisan stok. Kurang puas ? tenang, bisa di tukar, gratis !!!. jadi jika ke Medan. Wajib untuk makan durian. Ingin bawa pulang ? tenang, durian di bang ucok ini telah memiliki sistem packaging yang baik. Jadi tidak perlu kawatir oleh oleh durian di sita di pesawat karena baunya yang khas itu.
4.      JOGJA – COKLAT MONGGO




Hanya coklat ? coklat tapi bukan sembarang coklat. Coklat monggo adalah coklat dengan cita rasa otentik. Diolah dari biji coklat terbaik dari sumatra, sulawesi dan jawa dan racikan layaknya coklat terkenal dunia dari belgia. Bagaimana bisa coklat dari Jogja tetapi rasa dan kualitasnya layaknya coklat dari belgia ? pemilik coklat monggo sebenarnya bukanlah asli warga indonesia, Apalagi asli jogja, melainkan warga negara asal belgia. Itu sebabnya coklat monggo ini bercita rasa begitu khas belgia akan tetapi memiliki branding khas indonesia atau jawa. Dilihat dari nama dari coklat tersebut yaitu monggo yang berarti silahkan, dan kemasan dengan warna retro jawa serta gambar wayang menambah kental nuansa jogja dari coklat monggo ini. Kemasan coklat monggo dan rasa yang hanya ada di jogja inilah yang membuat coklat monggo patut untuk di jadikan oleh-oleh. Anda bisa datang ke jalan dagem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta. Selain membeli, anda bisa melihat langsung proses pembuatan Coklat.

Baca Juga : Icip Aneka Olahan Mie di Kota Solo
5.      SOLO – KUE KECIK GENEP




Kue kecik genap adalah kue yang sangat khas solo. Bahannya tentu sama dengan kue yang lain, akan tetapi proses pembuatan serta racikan bahannya sangatlah terjaga sejak tahun 1881. Kue kecik genep di buat dengan cara di sangrai, yang membuat kue Kecik genep ini memiliki kadar kolesterol yang sangat rendah. Cocok sekali jika disandingkan dengan Minuman Teh hangat atau Kopi Pahit di sore hari. Karena pembuatannya yang di sangrai inilah kue kecik genap selalu tetap tahan lama untuk dibawa sebagai oleh – oleh. Bentuk dari kue kecik genap ini mirip seperti pentungan. Karena bentuknya itu sering juga disebut kue pentungan. Jadi gunakan kedua nama itu jika ingin membeli kue itu di solo.




Comments

Popular Posts