5 PENYAKIT YANG DAPAT DICEGAH DENGAN KACANG MERAH


 





Di era dimana kita dituntut untuk mobilitas tinggi, Kesehatan begitu mahal untuk di dapatkan. tak sedikit orang yang setiap hari, bulan dan tahun sibuk dengan berbagai aktivitas yang jauh dari kata “SEHAT”. Ada beberapa anggapan sehat itu harus mengeluarkan banyak dana, dana untuk fitnesh, dana untuk membeli makanan Sehat (3 Makanan Sehat tapi Enak dan Mudah di jumpai dan dana untuk cek kesehatan berkala. Akhirnya penyakit mulai berdatangan, sebenarnya Anggapan tersebut tidaklah benar. Kita dapat melakukan hal – hal sesuai dengan situasi dan kondisi kita. Begitu juga dengan asupan makanan sehat yang tidak mengundang penyakit yang dapat disesuaikan. Kacang Merah adalah Makanan yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit.  Ini dia manfaat kacang merah yang telah teruji secara ilmiah International yang dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya.
1.      PENYAKIT KANKER
Para peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat  melakukan survei pada 100 makanan yang berbeda. Hasil yang cukup mencengangkan bahwa kandungan antioksidan dalam kacang merah , melebihi kualitas antioksidan pada manfaat buah-buahan lain yang dibudidayakan seperti blueberry, cranberry dan ceri.  Kacang merah menempati peringkat atas, pada daftar makanan yang mengandung antioksidan pencegah penyakit kanker.

 






Kandungan Antioksidan inilah yang berguna untuk menjaga fungsi sel-sel, yang berkaitan terhadap kerusakan akibat radikal bebas penyebab Penyakit kanker. Ketika antioksidan dalam tubuh tidak terpenuhi, maka radikal bebas akan masuk dalam tubuh dan menyebabkan penyakit mematikan Kanker.


2.      PENYAKIT JANTUNG
Kacang Merah mengandung protein lengkap, “bukannya protein berkaitan dengan lemak dan kolestrol dan justru menimbulkan penyakit ?” ya memang benar, hal tersebut berlaku untuk protein berjenis hewani, nah untuk kacang merah sendiri memiliki protein yang tidak mengandung lemak dan kolestrol, terdapat kandungan asam amino yang diperlukan untuk gizi yang baik. Berbeda dengan daging, kacang-kacangan lebih rendah lemak dan bebas kolesterol untuk mencegah penyakit jantung.

Hal ini lah yang menyokong kesehatan jantung dari serat larut serbaguna yang disediakan oleh kacang merah ini. Secangkir kacang merah memberikan lebih dari 15 gram protein pencegah penyakit jantung.
3.      PENYAKIT CACAT JANIN
Kita tentu pernah mendengar bahwa orang yang sedang mengandung, haruslah mengkonsumsi makanan seperti Kacang-kacangan dan Sayur Bayam. hal ini dikarenakan terdapat kandungan zat besi yang baik di kacang-kacangan dan sayur bayam. lalu apa hubungannya dengan penyakit cacat janin ?


zat besi adalah komponen integral dari hemoglobin, yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi kacang merah  sangat diperlukan untuk membantu kelancaran peredaran oksigen dalam tubuh. Jika sedang dalam kondisi mengandung atau menyusui, sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan zat besi. Hal ini untuk mensuplai oksigen dengan baik untuk menunjang, pertumbuhan janin dan anak-anak.

4.      DIABETES


Serat di dalam kacang merah membantu menurunkan kadar kolesterol darah penyebab penyakit diabetes, dengan membantu mendorong kolesterol, melalui jalur pencernaan sebelum tubuh menyerapnya. Kandungan serat yang tinggi dari kacang merah mengindikasikan, makanan menjadi sangat lambat dicerna dan memiliki indeks glisemik rendah. Sehingga, kacang merah bisa menjadi pilihan yang sehat untuk penderita penyakit diabetes atau bagi orang yang ingin mengontrol kadar gula darah.

5.      Alzheimer


Sebagai sumber vitamin B, kacang merah sangat erat hubungannya dengan fungsi sel-sel otak. Saraf-saraf otak dapat dipelihara oleh vitamin B pada kacang merah, terutama kandungan vitamn BI (Thiamin). Thiamin berkontribusi terhadap reaksi enzimatik, sebagai pusat produksi energi dan juga penting untuk fungsi sel otak / kognitif.
Thiamin diperlukan dalam proses penting neurotransmitter untuk memori otak. Hubungan ini telah ditemukan, mengenai faktor yang signifikan dalam penurunan fungsi mental (pikun) dan penyakit kepikunan seperti Alzheimer.

Begitu banyak bahan makanan terdapat di bumi kita indonesia, termasuk kacang merah yang melimpah ruah untuk menjaga kesehatan, penyakit tidak menghampiri kita dan beraktifitas serta berkreatifitas.

Comments

Popular Posts